Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MATERI KONSEP GERAK

 KONSEP GERAK



Gerak merupakan suatu perubahan tempat kedudukan pada suatu benda dari tempat awal. Sebuah benda dikatakan bergerak bila benda itu berpindah kedudukan terhadap benda lainnya baik perubahan kedudukan yang menjauhi maupun yang mendekati, roda sepeda dapat bergerak dengan mudah.

A. Konsep Gerak 

Gerak merupakan suatu perubahan tempat kedudukan pada suatu benda dari tempat awal.Sebuah benda dikatakan bergerak bila benda itu berpindah kedudukan terhadap benda lainnyabaik perubahan kedudukan yang menjauh maupun yang mendekat.Gerak lurus beraturan (GLB) adalah gerak lurus suatu objek, di mana dalam gerak inikecepatannya tetap. Disebabkan oleh tidak adanya percepatan, sehingga jarak yang ditempuhdalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu.Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) adalah pergerakan objek di mana kecepatannya berubahterhadap waktu akibat adanya percepatan yang tetap.

Percepatan dalam GLBB dapat berlaku dalam gerak vertikal maupun horisontal yang akandipengaruhi oleh gravitasi bumi.Sedangkan gaya adalah tarikan atau dorongan yang dapat mengubah bentuk, arah dan kecepatanbenda. Gaya dapat dibedakan menjadi gaya sentuh dan tak sentuh. Hubungan antara gaya dan gerak benda diperdalan dengan adanya hukum Newton.

  1. Hukum I Newton: Sifat inersia atau kelembamam benda yang tidak mengalami resultan gayaakan tetap duian atau bergerak lurus beraturan.
  2. Hukum II newton: Percepatan gerak sebuah benda berbanding lurus dengan gaya yang diberikan.Namun berbanding terbalik dengan massanya.
  3. Hukum III Newton: Sebuah benda yang memberikan gaya kepada benda lain, maka benda keduamemberikan gaya kepada benda yang pertama. Kedua gaya tersebut memiliki besar yang samatetapi berlawanan arah.

Sistem Gerak ManusiaSistem gerak pada manusia disebabkan adanya sendi. Sendi adalah tempat bertemunya duatulang atau lebih. Dan tulang sebagai penyusun sistem gerak pada manusia.Sehingga dengan adanya sendi hubungan antara tulang-tulang dalam tubuh dapat digrakkan.Terdapat dua jenis sendi yaitu sendi yang dapat digerakkan dan tidak dapat digerakkan. Yangdapat digerakkan terbatas disebut amfiartrosis, yang bergerak bebas disebut diartrosis.

Sedangkan sendi yang tidak dapat digerakkan disebut sinartrosis. Jenis sendi meliputi peluru,pelana, engsel, putar, dan geser.Tulang dan sendi yang terapat pada tubuh dapat bergerak karena adanya kekuatan otot. Ototadalah jaringan yang dapat berkontraksi lebih pendek.Otot adalah penggerak bagian -bagian tubuh, sehingga otot disebut sebagai alat gerak tubuh.Terdapat tiga jenis otot yaitu otot rangka, polos dan otot jantung.Tidak selamanya sistem gerak berjalan normal, terkadang terjadi gangguan pada sistem gerak.Gangguan pada sistem gerak tersebut antara lain Riketsia, Osteoporosis, Artritis, Fsaktura, danKifosis, Lordosis, serta Skoliosis

Download file media pembelajaran

  1. - Presentasi Materi                      : Slide Presentasi.ppt
  2. - Lembar Diskusi Siswa              : LK 1 & LK2 & LK3 (Coming Soon!)
  3. - Jawaban Lembar Diskusi Siswa  : JLK1 & JLK2 & JLK3 (Coming Soon!)
  4. - Media Pembelajaran      : MEDIA1 & MEDIA2 & MEDIA3 (Coming Soon!)



Kz Innovation
Kz Innovation Developer Bahan Ajar IPA & Biologi| Media Pembelajaran | Review Software Penyusun Media Pembelajaran | Influencer

Post a Comment for "MATERI KONSEP GERAK"