Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MATERI MAHLUK HIDUP & LINGKUNGAN

 MAHLUK HIDUP & LINGKUNGAN

EKOSISTEM LAUT


Didalam lingkungan terdapat air, tanah, udara, pepohonan, rumput, serangga, dan makhluk hidup lainnya. 

Ekosistem adalah suatu sistem yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Di dalam ekosistem ada dua komponen penting, yaitu komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik meliputi semua makhluk yang hidup di dalam ekosistem. Contohnya, bunga, serangga, rumput, pohon, sapi, fungi, ikan, dan mikroorganisme.

Setiap ekosistem terusun dalam komponen biotik yang berbeda-beda. Misalnya, komponen biotik yang ada di wilayah hutan hujan tropis biasanya adalah katak, burung, pohon, dan jenis tanaman lainnya. Sedangkan kalau di wilayah gurun, komponen biotiknya adalah rumput, kaktus, dan ular. Komponen abiotik terdiri dari benda tidak hidup yang meliputi fisik dan keadaan lingkungan. Misalnya, cahaya, temperatur, udara, angin, air, batu, dan tanah. Kedua komponen ini (biotik dan abiotik) saling berinteraksi satu sama lain. 

Berdasarkan peranannya komponen biotik dibedakan menjadi tiga macam, yaitu produsen, konsumen, dan dekomposer.

  1. Produsen merupakan organisme yang mampu memproduksi makananya sendiri melalui fotosintesis, misalnya tumbuhan. Tanpa produsen, semua jenis hewan tidak akan bisa bertahan hidup. Karena itulah semua jenis hewan itu masuk dalam peran sebagai konsumen.
  2. Konsumen dibagi menjadi tiga, yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora.
  3. Dekomposer berperan untuk menguraikan bahan organik menjadi bahan anorganik yang akan digunakan sebagai unsur hara oleh produsen. Makhluk hidup yang berperan sebagai dekomposer adalah bakteri dan fungi. 

Komponen biotik yang terdapat di dalam ekosistem akan membentuk satuan-satuan makhluk hidup, yaitu individu, populasi, dan komunitas. Individu adalah satuan makhluk hidup tunggal. Sedangkan populasi adalah sekumpulan makhluk hidup yang sejenis.

Download file media pembelajaran 

  1. Presentasi Materi              : Slide Presentasi.ppt
  2. Lembar Diskusi Siswa      : LK 1 & LK2 & LK3 (Coming Soon!)
  3. Jawaban Lembar Diskusi Siswa  : JLK1 & JLK2 & JLK3 (Coming Soon!)
  4. Media Pembelajaran      : MEDIA1 & MEDIA2 & MEDIA3 (Coming Soon!)



Kz Innovation
Kz Innovation Developer Bahan Ajar IPA & Biologi| Media Pembelajaran | Review Software Penyusun Media Pembelajaran | Influencer

Post a Comment for "MATERI MAHLUK HIDUP & LINGKUNGAN"