Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MATERI PESAWAT SEDERHANA

 PESAWAT SEDERHANA

Pesawat Sederhana


Banyak kehidupan sehari-hari yang tampak biasa-biasa saja, tetapi tidak seperti itu bagi seorang fisikawan. Kejadian-kejadian tersebut selalu saja menimbulkan pertanyaan-pertanyaan. Sebagai contoh, ketika kamu ingin mencabut paku yang tertancap di dinding, kamu akan sulit bahkan tidak mampu melakukannya tanpa bantuan alat. Jika kamu menggunakan catut, pekerjaan itu akan mudah dilakukan. Mengapa mencabut paku dengan catut terasa lebih mudah?

Mengapa dayung dapat menggerakkan perahu dengan tenaga yang tidak terlalu besar? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini akan kamu temukan dalam pembelajaran berikut ini. Gilang dan Garin sedang membantu ayah dan ibu mereka yang sedang berkemas karena keluarga mereka akan pindah ke luar kota. Sebagian barang dimasukkan ke dalam kotak kayu besar. Tentu saja kotak ini sangat berat.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, banyak hasil teknologi yang kita manfaatkan, misalnya mobil, sepeda motor, pesawat terbang dan sebagainya. Alat-alat tersebut sangat rumit cara bekerjanya. Dan kita tidak menduga bahwa alat-alat tersebut merupakan pengembangan dari pesawat sederhana. Alat untuk mempermudah dan mempercepat melakukan kerja disebut pesawat.Pesawat yang dirancang sangat sederhana dan dibuat dengan bahan yang sederhana disebut pesawat sederhana.

Dalam kehidupan sehari-hari, pesawat sederhana digunakan dengan tujuan untuk :
  • Memperbesar gaya atau kemampuan,
  • Mengubah arah yang dilakukan, dan
  • Memperbesar kecepatan atau untuk melakukan perpindahan yang besar.
Download file media pembelajaran 
  1. Presentasi Materi              : Slide Presentasi.ppt
  2. Lembar Diskusi Siswa      : LK 1 & LK2 & LK3 (Coming Soon!)
  3. Jawaban Lembar Diskusi Siswa  : JLK1 & JLK2 & JLK3 (Coming Soon!)
  4. Media Pembelajaran      : MEDIA1 & MEDIA2 & MEDIA3 (Coming Soon!)



Kz Innovation
Kz Innovation Developer Bahan Ajar IPA & Biologi| Media Pembelajaran | Review Software Penyusun Media Pembelajaran | Influencer

Post a Comment for "MATERI PESAWAT SEDERHANA"