Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH

 SISTEM PEREDARAN DARAH



Sistem peredaran darah atau sistem kardiovaskular merupakan suatu sistem organ yang berfungsi memindahkan berbagai zat dari dan menuju sel-sel tubuh. Tidak hanya zat makanan yang didistribusikan oleh  sistem peredaran darah, tetapi juga zat-zat lain seperti oksigen dan karbon dioksida. Pada manusia, sistem peredaran darah tersusun atas organ-organ yang berperan dalam pengangkutan darah di dalam tubuh. Adapun organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia adalah darah, pembuluh darah dan jantung.

Di dalam tubuh kita, jantung menempati posisi rongga dada sebelah kiri dan diselubungi oleh selaput yang disebut perikardium. Miokardium, yang tersusun oleh otot jantung dan mampu berkontraksi untuk memompa darah merupakan sebutan untuk lapisan tengah, sedangkan Endokardium adalah lapisan paling dalam yang berhubungan langsung dengan darah. Di setiap jantung manusia, kita mengenal adanya 4 ruang, yaitu serambi (atrium) kanan dan kiri yang terletak di sebelah atas, serta bilik (ventrikel) kanan dan kiri yang terletak pada bagian bawah. Serambi dan bilik kiri jantung berisi darah bersih yang kaya akan oksigen, sedangkan bilik dan serambi kanan berisi darah kotor.

Selain memiliki empat ruangan, jantung juga mempunyai empat katup yang berfungsi mencegah aliran balik darah, atau dengan kata lain menjaga agar darah tetap mengalir ke arah yang benar. Akibatnya apa jika hal sebaliknya (darah tidak mengalir ke arah yang benar) terjadi? Jika sistem peredaran darah mengalami gangguan, dampaknya akan dirasakan pada fungsi tubuh secara menyeluruh. Organ tubuh bisa mengalami kerusakan dan menimbulkan berbagai penyakit yang serius, mulai dari hipertensi, varises, hingga penyakit jantung.  Nah, kita semua pasti nggak mau dong?

Mekanisme Peredaran Darah Besar dan Kecil

Untuk diketahui, dalam mengedarkan darah ke seluruh tubuh manusia, darah dialirkan melalui dua rute yang berbeda. Kita mengenalnya sebagai peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.

Peredaran darah besar atau sistemik terjadi dari jantung ke seluruh tubuh kemudian kembali lagi ke jantung. Ini bermula ketika darah yang kaya O2 dipompa oleh bilik kiri untuk diedarkan ke seluruh tubuh melalui aorta. Sementara itu darah yang mengandung CO2 dari seluruh tubuh memasuki serambi kanan melalui pembuluh darah vena kava superior (untuk tubuh bagian atas) dan vena kava inferior (untuk tubuh bagian bawah).

Peredaran darah kecil atau pulmonal terjadi dari jantung ke paru-paru kemudian kembali lagi ke jantung. Ini dimulai dari ketika darah yang mengandung banyak CO2 di bilik kanan dipompa ke paru-paru melalui pembuluh arteri pulmonalis. Di paru-paru, tepatnya pada bagian alveolus terjadi pertukaran gas CO2 dengan O2. Darah yang mengandung O2 dialirkan kembali ke jantung pada bagian serambi kiri melalui vena pulmonalis. Dengan demikian, sistem peredaran darah pada tubuh manusia bisa disebut peredaran darah rangkap atau peredaran darah ganda.

Perbedaan rute dan fungsi ini, perlu dicatat bahwa keduanya tetap sangat penting bagi tubuh.

Peredaran darah kecil

Jantung (bilik kanan) >> pembuluh nadi paru-paru >> paru-paru >> pembuluh balik paru-paru >> jantung (serambi kiri)

Peredaran darah besar

Jantung (bilik kiri) aorta >> pembuluh nadi >> pembuluh kapiler >> pembuluh balik >> jantung (serambi kanan)


Download file media pembelajaran

  1. Presentasi Materi              : Slide Presentasi
  2. Lembar Diskusi Siswa      : LDS 1 & LDS2 & LDS3 (Coming Soon!)
  3. Jawaban Lembar Diskusi Siswa  : JLDS1 & JLDS2 & JLDS3 (Coming Soon!)
  4. Media Pembelajaran      : MEDIA1 & MEDIA2 & MEDIA3 (Coming Soon!)




Kz Innovation
Kz Innovation Developer Bahan Ajar IPA & Biologi| Media Pembelajaran | Review Software Penyusun Media Pembelajaran | Influencer

Post a Comment for "MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH"