Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MATERI SUHU & PERUBAHANNYA

SUHU & PERUBAHANNYA


Dalam ilmu pengetahuan alam, derajad atau tingkat panas dinginnya suatu keadaan disebut suhu atau temperature. Dengan menggunakan besaran suhu ini, dapat menentukan panas dan dingin suatu keadaan secara pasti. Suhu termasuk besaran pokok dan dalam SI satuan suhu adalah Kelvin (K), tetapi di Indonesia besaran suhu yang sering digunakan adalah Celsius (ÂșC).

Suhu adalah derajat panas suatu benda. Manusia dapat merasakan suhu benda dari kulitnya tetapi tidak dapat menentukan ukuran yang pasti maka digunakanlah alat pengukur suhu. Alat pengukur suhu benda adalah Termometer.

Jenis-jenis termometer :

  • Termometer zat cair
  • Zat cair yang digunakan : air raksa dan alcohol.  Air raksa memiliki titik beku -380 C dan titik didih 3500 jadi rentang suhu lebih lebar, raksa beracun. Alkohol tidak berbahaya dan rentang suhu lebih kecil ( – 900 C sampai 1000 C. Contoh thermometer zat cair adalah thermometer laboratorium dan thermometer suhu badan.
  • Termometer bimetal : dua logam yang digabungkan maka jika suhu meningkat maka bimetal akan melengkung kea rah koefisien muai panjang lebih besar.
  • Termometer Kristal cair : Kristal cair yang akan berubah warnanya jika terjadi perubahan suhu, dikemas dalam plastic tipis. Contoh untuk mengukur suhu tubuh dan akuarium.

Download file media pembelajaran

  1. Presentasi Materi              Slide Presentasi.ppt
  2. Lembar Diskusi Siswa      LK 1 & LK2 & LK3 (Coming Soon!)
  3. Jawaban Lembar Diskusi Siswa   : JLK1 & JLK2 & JLK3 (Coming Soon!)
  4. Media Pembelajaran      MEDIA1 & MEDIA2 & MEDIA3 (Coming Soon!)

Kz Innovation
Kz Innovation Developer Bahan Ajar IPA & Biologi| Media Pembelajaran | Review Software Penyusun Media Pembelajaran | Influencer

Post a Comment for "MATERI SUHU & PERUBAHANNYA"