Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemanfatan Gadget Sebagai Sarana Belajar

 Pemanfatan Gadget Sebagai Sarana Belajar



Dampak dari pandemi COVID-19 terhadap sistem pendidikan di indonesia khususnya sangat begitu terasa dalam sistem pembelajaran, para pendidik dan peserta didik harus dengan cepat menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan dan kebiasaanya yang berbeda.

Terlepas dari pandemi COVID-19, Perkembangan Revolusi Indsustri 4.0 telah terlebih dahulu hangat dalam kehidupan masyarakat,  Manusia berbondong-bondong mengikuti arus perkembangan dunia yang menuntut mereka menuju zaman yang semakin serba canggih dan mudah, salah satunya adalah memanfaatkan gadget. 

Gadget merupakan alat untuk mempermudah segala kebutuhan dan kegiatan manusia, sehingga digemari dan menjadi pilihan dari berbagai kalangan, termasuk kalangan pelajar pada saat ini, seperti untuk mengakses informasi, menambah wawasan, sebagai gaya hidup, dan eksistensi diri. Gadget sekarang ini layaknya seperti teman sendiri, karena gadget memiliki aplikasi dan pembaharuan dari hari ke hari yang disukai banyak orang dan membuat hidup bisa dikatakan lebih instan.

Gadget atau Smartphone pada umumnya merupakan barang yang mudah ditemukan di kalangan tua, muda, anak-anak, bahkan balita sudah memiliki smartphone, hal ini merupakan salah satu dampak dari berkembangnya zaman. Karena masyarakat yang tidak paham teknologi dituntut untuk mempelajari dan memanfaatkannya, agar tidak dianggap sebagai orang yang ketinggalan zaman. 

Tentunya dengan berkembangnya zaman ini kita perlu menghadapi dan memanfaatkan secara bijak penggunaan smartphone, pengawasan orangtua dalam pendampingan siswa dalam meengunakan smartphone harus dicek secara intens. 

Manfaat gadget bagi Siswa antara lain:

1. Sarana Pencarian Informasi

Penggunaan Smartphone dengan tepat, membuat para siswa dapat mencari materi, informasi, dan referensi yang mendukung terhadap penyelesaian tugas, sehingga dapat memudahkan siswa untuk dapat menyelesaikan tugas sekolah secara cepat. tentunya dalam proses pengambilan informasi siswa harus diarakan untuk belajar mensitasi dan memahami iformasi dengan gaya belajar mereka.

2. Sarana Komunikasi

Penggunaan aplikasi Chatting seperti WhatsApp, Telegram, E-Mail, Facebook Messenger, serta aplikasi media sosial lainya memungkinkan kita melakukan komunikasi jarak jauh tanpa jeda, sehingga akan sangat memudahkan siswa dalam berkomunikasi dengan teman sejawatnya atau pun dengan guru dalam proses penyelesaian tugas ataupun yang lainnya.

3. Sarana Refresing

Selain digunakan dalam proses pembelajaran Smartphone juga memiliki beberapa fungsi yang lainnya seperti permaianan, music player, video editor, photo editor, photo shoot dan masih banyak lagi fiturnya, sehingga siswa dapat mengekspresikan diri serta menyalurkan bakat mereka, banyak dari siswa sudah menjadi YouTuber sejak dini, ini merupakan salah satu bentuk dari ekspresi dan pengembangan diri bagi mereka.

4. Mengakses informasi

Dengan gadget mereka dapat lebih mudah membuka berbagai situs untuk menambah wawasan yang mereka perlukan. Selain itu mereka tidak akan ketinggalan berita-berita aktual yang sedang hangat dan ramai dibicarakan.

5. Sarana Eksistensi Diri

Bagi para siswayang memiliki kemampuan menulis, mereka dapat membuat cerita yang baik atau menulis tentang pengalaman mereka di media sosial ataupun siswa yang gemar mengambil gambar serta video sebuah objek dengan sangat baik sehingga dapat menyalurkan kemampuan yang mereka miliki. 

Kz Innovation
Kz Innovation Developer Bahan Ajar IPA & Biologi| Media Pembelajaran | Review Software Penyusun Media Pembelajaran | Influencer

Post a Comment for "Pemanfatan Gadget Sebagai Sarana Belajar"