Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MATERI VIRUS

MATERI VIRUS

 VIRUS


Kata virus berasal dari bahasa Lation, yakni virion yang berarti racun. Penemuan virus berkembang dari masa ke masa, mulai dari 1883 hingga 1935. Ciri-ciri virus; bisa berkembang biak dalam sel hidup, punya 1 asam nukleat (DNA atau RNA saja), bersifat seperti benda mati, berukuran sangat kecil. Bentuk virus; batang, peluru, bulat, benang, polihedral, dan seperti huruf T. Struktur virus; kepala, kapsid, asam nukleat, leher, ekor.

Virus berasal dari bahasa Latin, yaitu virion, yang artinya racun. Lalu, bagaimana awal mula virus ditemukan?

1. Adolf Meyer
Sejarah penemuan virus dimulai pada tahun 1883, setelah seorang ilmuwan asal Jerman, Adolf Meyer, menemukan adanya bintik-bintik kuning pada daun tembakau. Mengetahui hal itu, Meyer mencoba mengekstraksi getah tembakau tersebut lalu menyemprotkannya pada tembakau yang masih sehat. Ternyata, tembakau yang sehat tersebut juga mengalami bintik-bintik kuning. Lalu, Meyer meneliti getah tembakau tersebut menggunakan mikroskop, ternyata tidak ditemukan adanya bakteri, sehingga ia berkesimpulan bahwa makhluk yang menyerang tembakau tersebut berukuran lebih kecil dari bakteri.

2. Dmitri Ivanovsky
Pada tahun 1892, ilmuwan asal Rusia, Dmitri Ivanovsky melakukan penelitian yang sama dengan Meyer, yaitu menyaring getah tembakau yang sakit. Perbedaannya, Dmitri menyaring getah tersebut dengan saringan bakteri. Lalu hasil saringan tersebut disemprotkan pada tembakau yang sehat, ternyata tembakau juga menjadi sakit.

3. Martinus Beijerinck
Beijerinck merupakan ilmuwan asal Belanda yang melakukan penelitian sama dengan dua peneliti sebelumnya, bedanya Beijerinck mencoba untuk menonaktifkan makhluk penyebab penyakit tersebut menggunakan alkohol. Hasilnya alkohol tidak bisa menonaktifkan makhluk tersebut. Beijerinck menyebutnya sebagai virus lolos saring.

4. Wendell Meredith Stanley
Seorang ilmuwan asal Amerika Serikat, Stanley, berhasil mengristalkan makhluk penyebab penyakit pada tembakau pada tahun 1935. Kemudian, penyakit tersebut diberi nama Tobacco Mosaic Virus (TMV).

Ciri-ciri Virus
  • Virus bisa bersifat seperti benda hidup, contohnya bisa berkembang biak jika berada di dalam sel hidup.
  • Memiliki satu asam nukleat, DNA atau RNA saja.
  • Virus bisa bersifat seperti benda mati, contohnya tidak melakukan metabolisme, tidak bernapas, tidak bergerak, dan berbentuk kristal jika berada di luar sel hidup.
  • Berukuran sangat kecil, yaitu antara 20 dan 300 nm.

Bentuk Virus
  • Berbentuk batang, contohnya TMV (Tobacco Mosaic Virus).
  • Berbentuk batang dan berujung oval seperti peluru, contohnya Rhabdovirus.
  • Berbentuk bulat, contohnya HIV (Human Immunodeficiency Virus) dan Orthomyxovirus.
  • Berbentuk filamen atau benang, contohnya virus Ebola.
  • Berbentuk polihedral, contohnya Adenovirus.
  • Berbentuk seperti huruf T, contohnya bakteriofag, yaitu virus yang menyerang bakteri Escherichia coli.
Download file media pembelajaran
  1. Presentasi Materi                            : Slide Presentasi.ppt & Slide Presentasi.swf
  2. Lembar Diskusi Siswa                    : LDS 1 & LDS 2
  3. Jawaban Lembar Diskusi Siswa     : JLDS 1 & JLDS2
  4. Media Pembelajaran                       : Media 1 & Media 2
// Apabila link di atas rusak atau file ganda silahkan langsung mengubungi kami, dengan cara menuju ke menu bar paling atas dan pilih menu "contact"..



Kz Innovation
Kz Innovation Developer Bahan Ajar IPA & Biologi| Media Pembelajaran | Review Software Penyusun Media Pembelajaran | Influencer

Post a Comment for "MATERI VIRUS"